Welin Kusuma, Alumni Smansa Kendari Dengan 29 Gelar dan Dua Rekor Muri di Usia Muda

Memperoleh gelar sarjana (s1) kadang banyak remaja dan anak muda Jaman Now yang duhhh ngerasa sudah sampai titik darah penghabisan saja.  Nah buat yang lagi galau gara-gara mikirin skripsi skripsimu tak kunjung selesai? mari berkenalan dengan Welin Kusuma.

Dengan keseriusan belajarnya, anak muda keren ini tak cuma gelar sarjana, Welin juga punya 3 gelar master dan telah menjalani 12 pendidikan profesi. Total ada 29 gelar dan predikat yang disandangnya. Semuanya dilakukan dalam waktu 15 tahun. Wooooow kan !!!

Alumnia SMA 1 Kendari, Lulus 1999…

Welin diundang khusus ke Hitam Putih Trans 7. Foto: detik 

Berdasarkan penelusuran sejumlah informasi di internet, Welin Kusuma diketahui lahir 8 Maret 1981 di Makassar, Sulawesi Selatan. Putra pasangan Onny Kusuma dan Sisilia Chandra sempat bersekolah di Kota Kendari yakni di SMA 1 Kendari lulusan tahun 1999.

Setelah lulus, ia kuliah di  Teknik Industri (TI) Universitas Surabaya (Ubaya) pada tahun 1999. Pada pertengahan kuliah di Ubaya inilah, ia mulai menyadari bahwa ia bisa belajar banyak hal selain TI. Akhirnya Welin mencoba kuliah rangkap di program Diploma (D1) jurusan Informatikadan selanjutnya, sejak tahun 2001 ia mulai kuliah di beberapa kampus berbeda.

 Punya 29 Gelar, begini kalo nama dan titel Welin Kusuma ditulis lengkap…. (Kenapa Melongo Brayy)

Jejer ijazah saat berfoto, nahh lu bray, udah punya ijazah berapa di rumah? Foto: jadiberita.com

Dari 29 gelar itu, 11 gelar diantaranya S1, 3 gelar S2, dan 15 gelar profesi. Kalau ditulis nih, namanya jadi gini, Welin Kusuma ST, SE, SSos, SH, SKom, SS, SAP, SStat, SAkt, SIkom, SIP, MT, MSM, MKn, RFP-I, CPBD, CPPM, CFP, Aff.WM, BKP, QWP, CPHR, ICPM, AEPP, CBA, CMA, CPMA, CIBA, CBV.

Kehebatannya ini, tidak hanya mengejutkan public tanah air, kisahnya bahkan sempat diulas media Weird Asia News 19 Juli 2013. Berbagai kisah dan fotonya dipampang di media asia tersebut. Situs Weird Asia News melaporkan kisah Welin dalam artikel berjudul “Young Man Earns 19 Degrees and Titles in Only 13 Years

Welin selesai dengan IPK diatas 3 di sejumlah kampus elit di Tanah Air lhoo mulai dari Unair, ITS dll…

Gelar tambahan buat kang Welin, pemborong ijazah, Sukses Kang.. Foto: opini.id  

Untuk program Sarjana, Welin mengenyam pendidikan di sejumlah kampus diantaranya  Teknik Industri Universitas Surabaya (Ubaya), Jurusan Manajemen di STIEUS, Administrasi Bisnis di Universitas Terbuka, Jurusan Hukum di Universitas Airlangga, Teknik Informatika di Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS), Jurusan Sastra Inggris di Petra Christian University dll…

Untuk Program Magister, Teknik Industri di ITS tahun 2004-2006, Jurusan Ilmu Manajemen di Unair tahun 2006-2011, Jurusan Kenotariatan di Unair tahun 2008-2010.

Diganjar dua Rekor MURI atas ketekunan dan kegigihannya.

Saluuuuuuut Welin Kusuma, bikin bangga Smansa Kendari. Foto: kumparan.com

Atas pencapaiannya, Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan sertifikat untuk kategori rekor Peraih Gelar Multidisiplin Terbanyak di Indonesia di tahun 2012 silam dan rekor kuliah dengan SKS terbanyak dalam satu semester yakni 111, saat kuliah di 5 Jurusan berbeda.

Saat mendapat rekor MURI tersebut, Welin masih berusia 31 tahun dan ‘baru’ mendapat 18 gelar akademik. Welin pun boleh dibilang memecahkan rekornya sendiri saat ini, karena ia telah menambah deretan gelar akademiknya hingga mencapai 29 gelar.

Pada Oktober 2013 lalu, ia juga mendapat penghargaan dari PT HM Sampoerna berupa penghargaan Beyond the Call of Duty Award (ABCD Award) untuk Mini Cell Project di Plant Silo, Jember dan On the Spot Award.

Ayahnya, motivasi terbesarnya

Menguti dari HaiGrid, rupanya, ada mengharukan yang memotivasi Welin Kusuma untuk bisa memiliki gelar dari banyak jurusan, yakni ayahnya sendiri.

“Motivasinya dari ayah saya yang menunjukkan berbagai sertifikat kursus yang pernah ditempuhnya, antara lain listrik, elektronika, dinamo, dan mesin. Berkat kursus yang ditempuh, ayah saya sangat ahli sehingga bisa memperbaiki semua barang elektronik di rumah saya bahkan sampai ke tetangga di sekitar rumah. Dari hal tersebut, saya bertekad menguasai berbagai bidang ilmu agar bisa menyelesaikan berbagai hal di masa yang akan datang,” kenang Welin. Seperti kata pepatah Like Father, Liket Soon yaaaaa……

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *